Rabu, 03 Februari 2021

UNSUR UNSUR PENDIDIKAN


 Unsur-unsur pendidikan

Unsur pendidikan ini berkaitan satu sama lain, sehingga bila ada salah satu yang tidak ada maka akan kehilangan kebermaknaannya. 

Unsur-unsur tersebut adalah :

a. Peserta didik

Merupakan raw material ( bahan mentah) dalam sistem pendidikan oleh karena itu, dalam proses pendidikan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dari peserta didik : 

  • Potensi peserta didik
  • Kebutuhan peserta didik
  • Sifat sifat peserta didik
  • Peserta didik yang akan dikembangkan
b. Pendidik.

Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya, pendidikan dengan sasaran peserta didik. Seorang pendidik harus memiliki : 

  • kewibawaan atau kekuasaan batin mendidik dan menghindari penggunaan kekuasaan lahir.
  • Mampu mendidik dan peserta didik dapat dididik.
  • memiliki rasa kasih sayang yang diorientasikan pada yang disayangi dan pengendalian terhadap yang disayang.
  • Memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan.
C. Interaksi edukatif

interaksi edukatif ini adalah komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan.

D. Tujuan pendidikan

Tujuan ini memiliki sifat yang abstrak karena meliputi tujuan umum, ideal, sangat luas sehingga sulit untuk dilaksanakan di dalam praktek.

E. Materi pendidikan

Materi ini meliputi materi inti maupun muatan lokal. Dari inti bersifat rasional yang mengandung isi pengendalian dan persatuan bangsa. Sedangkan muatan lokal misinya mengembangkan kebhinekaan kekayaan budaya sesuai dengan kondisi lingkungan.

F. Alat dan metode.

Alat dan metode diartikan sebagai sesuatu Yang dilakukan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Efisiensi kata efektifitasnya.

G. Lingkungan pendidikan.

Hubungan pendidikan biasa disebut Tri pusat pendidikan yaitu : 

  • Keluarga
  • Sekolah
  • Masyarakat
Sia atau individu ketika baru lahir berada dalam lingkungan keluarga, dan menjadi kebiasaan yang ada dalam keluarga, dan usia sekolah manusia atau individu berada dalam lingkungan sekolah dan keluarga sekaligus. Harga harus mampu mensosialisasikan kondisi keduanya di sekolah, dan pada akhirnya manusia atau individu akan berada dalam lingkungan masyarakat, hubungan yang akan memberi pengalaman yang lebih luas dan mendalam kepada manusia atau individu untuk mampu eksis dalam kehidupan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

DESKRIPSI TRI SATYA DAN DASA DHARMA

Isi Trisatya Pramuka Isi trisatya dan dasadarma Pramuka harus dipahami dan diamalkan oleh setiap anggota pramuka karena ini meru...