A. Fitrah manusia.
Secara etimologi fitrah berasal dari kata fathara yang artinya menjadikan, secara terminologi fitrah adalah mencipta atau menjadikan sesuatu yang sebelumnya belum ada dan merupakan pola dasar yang perlu penyempurnaan.
berdasarkan kedinamisan dalam diri manusia maka fitrah manusia yang berkaitan dengan potensi memiliki 4 macam yaitu :
1. Potensi fisik
2. Potensi mental intelektual
3. Potensi mental spiritual
4. Potensi sosial emosional
selain empat potensi di atas aspek-aspek psikologis dalam fitrah manusia menurut Arifin (2000), menyatakan ada beberapa komponen dasar yang juga bersifat dinamis, responsif terhadap pengaruh lingkungan sekitar, yaitu :
1. Bakat.
2. Insting.
3. Nafsu dan sorongan dorongan
4. Karakter.
5. Hereditas / keturunan
6. Instusi / kemampuan psikologis.
B. HAKIKAT MANUSIA.
Hakikat manusia diartikan sebagai karakteristikyang secara prinsipil membedakan manusia dengan hewan yang banyak kemiripan terutama dari segi biologis.
Tirtaraharja (2005) akan ada 8 wujud sifat manusia yang dapat digunakan untuk menjadi masukan dalam membenahi konsep pendidikan yaitu :
1. Kemampuan menyadari diri
2. Kemampuan bereksistensi
3. Patah hati (consequence of man)
4. Kecerdasan moral
5. Tanggung jawab.
6. Rasa kebebasan.
7. Kewajiban dan hak.
8. Kemampuan menghayati kebahagiaan